Cermati 10 Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan

Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan. Bagi calon Bunda yang tengah menjalani program hamil, mengetahui positif atau tidaknya kehamilan tentu menjadi hal yang sangat di tunggu. Bahkan mungkin Bunda akan cendrung tidak bisa menunggu terlalu lama untuk mengetahui apakah program yang tengah di jalani berhasil atau tidak. Dan untuk keperluan tersebut, salain Bunda bisa menggunkan test pack, USG serta berkonsultasi ke dokter, Bunda juga perlu untuk mengetahui tanda tanda kehamilan dini katakanlah misal setelah 1 minggu menjalankan program hamil tersebut.
Karena keinginan untuk segera memiliki buah hati akan membuat para calon orang tua ingin mengetahui secepat mungkin apakah ada tanda tanda awal kehamilan setelah berhubungan pada pasangan wanita. Nah, dengan mengetahui tanda tanda orang hamil lebih awal maka penjagaan terhadap resiko keguguran dapat di antisipasi sedini mungkin.
Ada sebuah pertanyaan yang cukup menarik dari beberapa calon ibu yang ingin segera hamil yaitu Apakah setelah sehari berhubungan akan muncul tanda tanda kehamilan dini pada wanita? Jawab : mungkin saja bisa jadi akan muncul tanda kehamilan awal jika sel telur berhasil di buahi. Tapi perlu juga untuk menyadari bahwa pengaruh keberhasilan sel telur di buahi adalah ketika berhubungan apakah wanita dalam keadaan masa subur atau tidak.
Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan

Dan perlu di ketahui pada setiap wanita satu dan yang lain dapat memiliki perbedaan pada ciri ciri awal kehamilan , dikarenakan ada beberapa wanita yang tidak mengalami tanda-tanda apapun saat ia sedang hamil, kecuali apabila ia terlambat datang bulan yang semua wanita mengalaminya dan itu merupakan salah satu tanda tanda wanita hamil.
Namun datang bulan atau mentruasi yang di alami oleh wanita belum tentu merupakan tanda tanda kehamilan awal, karena telat datang bulan tidak hanya di sebabkan oleh  kehamilan bahkan juga terkadang karena badan terlalu lelah dan stress atau efek dari mengkonsumsi pil KB dan lainnya. Akan tetapi apabila Bunda mengalami terlambat datang bulan setelah menjalakan program hamil/setelah berhubungan maka segeralah untuk memastikannya dengan menggunakan uji kehamilan (test pack), mungkin saja itu merupakan tanda tanda hamil 1 hari.


Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Dan berikut ini adalah ciri ciri awal kehamilan setelah berhubungan yang dapat Bunda jadikan referensi sementara,  sebelum berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan hasil yang lebih serius dan akurat.

1. Morning sickness (munculnya keluhan mual dan muntah)

Keluhan berikut ini merupakan yang paling sering ditemukan pada setiap kasus kehamilan. disebabkan adanya peningkatan hormon yang terjadi dalam darah dan saluran kencing.
Morning sickness atau yang biasa dikenal dengan mual dan muntah merupakan perasaan tidak nyaman dari dalam perut ketika muncul tanda tanda hamil 1 minggu atau pada trimester pertama.
Istilah morning sickness merupakan : rasa mual dan ingin muntah yang terjadi saat pagi hari. Morning sickness juga dapat terjadi pada siang dan malam hari. Dan munculnya gejala mual dan muntah dikarenakan peningkatan produksi hormon HCG.

2. Sering ingin buang air kecil

Gejala berikut ini juga sering di alami oleh ibu hamil muda, di sebabkan rahim membutuhkan ruang yang lebih besar sehingga ia akan menekan kandung kemih, serta gejala ini akan berangsur-angsur berkurang seiring dengan usai kandungan yang semakin membesar.
Jika Anda mengalami tanda hamil muda setelah berhubungan maka sebaiknya periksakanlah kembali ke dokter, apabila setelah seminggu terlamabat datang bulan, karena untuk lebih memastikan kehamilannya.

3. Badan terasa lelah

Merupakan hal yang sangat wajar apabila Anda merasa kelelahan saat hamil. Karena termasuk tanda tanda kehamilan 1 minggu setelah pembuahan. Dan terjadinya hal ini dikarenakan adanya peningkatan hormon progesteron pada tubuh saat hamil. Selain itu, penurunan tekanan darah, penurunan kadar gula darah dan produksi darah yang lebih dari biasanya juga akan menyebabkan kelelahan.
Apabila Anda mengalami kelelahan, alahkah baiknya Anda bisa mengurangi sedikit aktivitas. Dan tidak boleh memaksakan aktivitas yang terlalu padat selama hamil karena sangat berbahaya bagi ibu dan janin dalam kandungan.
Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan

4. Bercak darah

Bercak darah terjadi akibat adanya proses implantasi, yakni ketika embrio menempel pada dinding rahim. Dan tanda berikut ini sedikit berbeda dengan darah haid sehingga dapat dengan mudah untuk membedakannya. Juga biasanya, gejala ini terjadi pada hari ke 7 - 10 ovulasi dan menjadi tanda hamil 1 minggu.


Baca Juga : Jenis-Jenis Makanan yang Dilarang Saat Hamil Muda

5. Kram perut bawah

Selain terjadinya bercak darah, implantasi juga dapat menyebabkan kram perut bagian bawah karena terjadinya penegangan pada otot dan syaraf perut. Gejala ini biasnaya akan terus berlangsung sampai memasuki trisemester kedua hingga pada saat posisi uterus berada di tengah atau telah berhasil disangga oleh pinggul sang ibu.

6. Perasaan yang tidak menentu

ciri ciri ibu hamil yang berikutnya adalah perasaan yang tidak menentu. Pada usia kehamilan yang masih muda, banyak para ibu hamil yang kewalahan mengatur emosinya. Dan gejala ini sangat mirip dengan Menstruasi atau PMS pada setiap perempuan, serta tanpa adanya sebab dan alasan yang jelas terkadang marah, atau tiba-tiba merasa cemas dan khawatir juga perasaan-perasaan lain yang seringkali susah untuk ditutupi dari orang lain.

7. Penciuman lebih sensitif

Ibu hamil biasanya penciumannya akan lebih sensitif. Karena adanya perubahan hormonal sehingga mengakibatkan Anda lebih bisa untuk mencium berbagai macam bau yang sebelumnya tidak bisa Anda lakukan. Dan ketajaman penciuman inilah yang mengakibatkan ibu hamil mudah merasa mual dan ingin muntah secara tiba-tiba.

8. Perubahan pada payudara

Bila Anda mengalami kehamilan untuk pertama kalinya, maka perubahan pada payudara akan sangat terasa, karena meningkatnya hormon estrogen dan progesteron akan mengakibatkan perubahan pada payudara. semisal terjadi pembesaran Selain itu, payudara akan menjadi lebih peka terhadap rasa sakit atau nyeri akibat sentuhan dan kerap merasa gatal.

9. Telat menstruasi

Keterlamabatan menstruasi belum tentu adanya terjadinya kehamilan, akan tetapi menstruasi  yang terlambat bahkan tidak mendapat mestruasi sama sekali merupakan salah satu tanda adanya kemungkinan terjadinya kehamilan. Dan terjadinya keterlambatan menstruasi mungkin juga disebabkan oleh hal lain seperti efek dari mengkonsumsi pil KB, kelelahan dan stres, atau hal lainnya. Apabila Anda tidak kunjung menstruasi sesudah


Baca Juga : Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

berhubungan, coba segeralah cek dengan test pack atau bisa dengan berkonsultasi ke dokter kandungan atau bidan untuk memastikannya.

10. Perubahan suhu tubuh

Tanda awal kehamilan yang terakhir adalah perubahan dan kenaikan suhu tubuh dari suhu basal yang biasanya. Suhu basal adalah suhu pada saat Anda baru bangun dari tidur di pagi hari. Dan perubahan ini akan terus berlansung selama masa kehamilan. Maka dari itu wanita yang sedang hamil cendrung memiliki suhu badan yang lebih hangat dibandingkan dengan keadaan normal.
Demikianlah 10 Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan yang perlu Bunda ketahui. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang Bunda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.