Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 1 Bulan

Bagi setiap ibu tentunya harus cermat dengan apa yang bayi lakukan pada masa perkembangannya. Karena dalam perkembangan bayi 1 bulan ia akan mulai mengeksplorasi tangan dan kakinya. Mungkin yang tadinya tulang kaki dan tangan masih terlihat bengkok namun semakin lama akan menjadi lebih wajar. Dan juga secara fisik, semakin lama ia akan  tampak bersih dan kerutan dibadannya akan mulai menghilang.
Dan juga gerakan-gerakan yang ia lakukan pada perkembangan bayi 1 bulan mungkin mencakup kepalan tangannya, apabila Bunda meletakkan jari ke tangan bayi tersebut, gerakan minor kepala, dan lain sebagainya.
Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 1 Bulan

Ia juga akan mulai memberikan sinyal-sinyal untuk berusaha berkomunikasi kepada Bunda terutama pada aspek suara dan tatapan matanya. Karena dengan seiring bertambah usia pada si kecil , maka akan semakin berkembang pula cara mereka berkomunikasi.
Misalkan saja ia akan menjawab kata-kata dari sang ibu dengan ocehan-ocehan dan mengikuti pergerakan setiap objek menggunakan matanya.
Kamudian agar si kecil tumbuh dengan optimal maka Bunda sebaiknya memantau pertumbuhan dan perkembangannya dengan seksama agar sesuai dengan milestone growth. Dan bawalah ia setiap bulan ke posyandu atau fasilitas kesehatan terdekat lainya untuk memantau serta mengetahui perkembangan kenaikan berat badan, panjang badan, dan lingkar kepalanya.
Dan juga salin itu berikanlah stimulasi yang cukup agar perkembangan dan kemampuan pada si kecil makin optimal.
Berikut ini perkembangan pada bayi usia 1 bulan :

#Mengikuti sebuah objek dengan matanya

Ia akan mulai dapat mengikuti gerakan objek yang digerakkan di hadapannya. Misalkan saja wajah Bunda digerakan kepada wajah si kecil, maka coba perhatikan si kecil akan mengikuti gerakan wajah tersebut menggunakan matanya. Atau Bunda bisa menggunakan mainan yang berwarna cerah dan berbunyi, kemudian coba gerakkan mainan tersebut ke kanan dan kiri di hadapan wajahnya. Maka mata si kecil yang akan mengikuti gerakan mainan tersebut.

#Ekspresi wajah

Kemampuan berekspresi pada wajah si kecil mulai berkembang. Misalkan saja si kecil mulai belajar mengerucutkan bibirnya, mengangkat alis, melebarkan dan menyipitkan matanya, dan mengerutkan dahinya.

#Mulai belajar mengangkat kepala

Bunda bisa mencoba meletakan si kecil dengan posisi tengkurap. Dan coba perhatikan ia akan mulai mengangkat kepalanya selama beberapa saat, mungkin juga ia dapat menolehkan kepalanya ke kanan dan ke kiri.

#Ocehan-ocehan si kecil

Cobalah mengajak ngobrol dan tersenyum pada si kecil. Pada umumnya bayi akan mulai menjawab kata-kata yang Bunda sampaikan dengan mengoceh dan membalas senyuman. Dan tidak perlu ragu untuk menceritakan apa yang sedang Bunda kerjakan, karena si kecil tak pernah terlalu muda untuk diajak bicara.

#Mulai mengenal tangan dan kakinya

Pada saat usia 1 bulan si kecil akan mulai mengeksplorasi tubuhnya. Dan bagian tubuh yang pertama dikenalinya adalah tangan dan kaki. Karena pada saat ketika lahir ia belum menyadari bahwa si kecil memiliki tangan dan kaki. Bisa Bunda stimulasikan dengan mencoba mengangkat kedua tangannya ke atas kepala, kemudian tempelkan kedua tangan si kecil ke wajahnya agar ia dapat melihat dan merasakannya sekaligus. Dan harus Bunda pastikan bahwa tangan dan kaki si kecil tetap dalam keadaan hangat. Karena bayi yang berusia 1 bulan mudah kehilangan panas tubuhnya melalui tangan dan kakinya.
Baca Juga : Tahap Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

#Belajar menggenggam

Mungkin memang si kecil belum bisa meraih benda dan menggenggamnya, namun tangan si kecil sudah bisa menggenggam benda yang diletakkan di tangannya. Dan mungkin juga ia belum bisa melepaskan benda yang ada di tangannya meskipun ia ingin melepaskannya.

#Si kecil akan tidur malam lebih lama

Ketika si kecil tidur pada malam hari mungkin ia akan lebih lama sekitar 4 hingga 6 jam. Dan Kebiasaan ini bisa dimulai sejak ia berusia 6 minggu hingga 6 bulan, akan tetapi hal tersebut tergantung pada perkembangan dan perilaku si kecil.

Sedikit Tambahan Stimulasi Yang Dapat Bunda Berikan Bagi Bayi Yang Berusia 1 Bulan :

Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 1 Bulan

#1. Gerakan motorik halus

Melihat, meraih dan menendang mainan yang di gantung
Coba Bunda ikat sebuah tali menyilang di atas tempat tidur si Kecil. Kemudian gantungkan benda-benda atau beberapa mainan yang berputar atau yang berbunyi dan memiliki warna cerah pada tali tersebut. Coba perhatikan maka si kecil akan mulai tertarik dan melihat, menendang mainan tersebut.  Juga pastikan bahwa mainan tersebut tidak bisa masuk ke mulut si kecil, dan tali tidak akan terlepas dari ikatannya.

#2. Gerakan motorik kasar

Mengangkat kepala
Coba Bunda letakkan si kecil pada posisi tengkurap/telungkup. Lalu gerakkanlah mainan yang berwarna cerah, atau juga buat suara-suara gembira di depannya, Maka si kecil akan mulai belajar mengangkat kepalanya. Dan secara perlahan si kecil akan belajar menggunakan kedua tangannya untuk mengangkat kepala dan dadanya secara berangsur-angsur.

#3. Kemampuan bahasa dan berbicara

Ajak berbicara
Mengajak si kecil bicara sesering mungkin. Dan juga Bunda bisa memanfaatkan setiap kesempatan seperti waktu memandikannya, mengenakan pakaiannya atau saat memberi ASI, dan sebagainya. Dan sekali lagi perlu di fahami bayi tidak pernah terlalu muda untuk diajak berbicara.
Mulai belajar mengenali berbagai suara
Coba ajaklah si kecil untuk mendengarkan berbagai suara seperti misalnya:  musik, radio, dan TV . Dan Bunda juga bisa membuat suara-suara dari berbagai mainan kerincingan. Kemudian perhatikan bagaimana reaksi si kecil terhadap suara-suara tersebut.
Baca Juga : Perkembangan Yang Menggemaskan Bayi Usia 3 Bulan 

#4. Kemampuan bersosialisasi dan kemandirian

Mengajak si Kecil tersenyum
Coba ajaklah si kecil tersenyum kemudian tataplah matanya sesering mungkin. Dan balaslah senyuman setiap kali ia tersenyum. Atau Bunda bisa membuat suara-suara yang menyenangkan/menggembirakan kepada si kecil dengan senyuman.
Memberikan rasa aman dan kasih sayang
Ada baiknya sesering mungkin Bunda memeluk dan membelai si kecil. Dan ketika berbicara kepadanya selalu menggunakan nada yang lembut dan halus, serta penuh kasih sayang.
Demikianlah Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 1 Bulan yang perlu Bunda ketahui. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang Bunda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.