Tahap Perkembangan Bayi 2 Bulan

Tahap Perkembangan Bayi 2 BulanSejak awal pertumbuhan pada si Kecil, Bunda perlu mengetahui perkembangan yang dialaminya, mulai dari pendengaran, penglihatan, gerakan, dan juga stimulasi yang bisa Bunda berikan terhadap si Kecil untuk mengoptimalkan perkembangannya.

Dan oleh karena itu pada usia 2 buan, Bunda bisa memperhatikan dari semakin berkembangnya penglihatan dan pendengaran si kecil, dan juga ia akan mengangkat - ngangkat kepalanya serta mulai belajar tengkurap.


Tahap Perkembangan Bayi 2 Bulan

Dan berikut Perkembangan Bayi 2 Bulan yang harus Bunda ketahui :

#Berkembangannya Pendengaran Si Kecil

Meningkatnya perkembangan si kecil serta di mulai bisa membedakan suara-suara yang akrab di dengarnya, misalnya suara ibu, ayah, kakak, serta suara yang asing. Bunda bisa perhatikan ketika si kecil mulai belajar mencari arah datangnya sumber-sumber suara. Ajaklah si Kecil berbicara, karena ia akan memerhatikan gerakan mulut yang Bunda ucapkan. Bisa dengan cara menceritakan apa yang sedang Bunda kerjakan dari jarak yang agak jauh dari si Kecil. Jangan ragu untuk sering mengajaknya bicara untuk melatih kemampuan berbahasanya. Jika Bunda curiga si Kecil mengidap gangguan pendengaran, jangan khawatir untuk memeriksakannya ke dokter anak dan mendapatkan tes pendengaran.

#Berkembangnya Penglihatan Si Kecil
Saat si kecil berumur 2 bulan, penglihatannya mulai berkembang dari yang sebelumnya ia hanya bisa melihat warna hitam putih menjadi lebih banyak warna dan bentuk. Serta rangsang perkembangan penglihatannya dengan memperlihatkan pada si Kecil berbagai variasi mainan berwarna, misalkan saja : boneka binatang, bola lembut dan mainan plastik. Selain itu, biarkan saja si kecil menyentuhnya dengan leluasa.

#Mengeces

Bunda mungkin memerhatikan si Kecil mulai mengeces dan memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Hal ini bukan berarti gigi si Kecil akan tumbuh. Karena mayoritas gigi bayi akan tumbuh pada umumnya usia 4-7 bulan, akan tetapi ada juga bayi yang tumbuh lebih cepat giginya, bisa jadi pada usia 3 bulan. Namu bahkan, pada kasus yang sangat jarang, ada juga bayi dengan gigi yang telah tumbuh saat ia lahir. Gigi pertama yang tumbuh biasanya adalah 2 gigi di bagian depan bawah.

Bunda tidak perlu khawatir bila si Kecil mengeces. Karena manfaat baiknya adalah, saat mainan si Kecil terkena air liurnya, maka mainan atau objek tersebut akan terlapisi oleh lapisan protein yang melindunginya dari penyakit.


#Si Kecil Mulai Belajar Tengkurap

Ketika si Kecil mulai bisa memiringkan tubuhnya, berguling dari posisi telentang ke sisi tubuhnya, atau dari posisi tengkurap ke sisi tubuhnya. Untuk berguling penuh atau berguling dari posisi telentang ke posisi tengkurap, biasanya baru bisa dilakukan si Kecil pada usia 3 bulan.
Baca Juga : Perkembangan Bayi Umur 3 Bulan

#Mulai Belajar Mengangkat-Ngangkat Kepala

Pada saat usia 2 bulan menjelang 3 bulan, si Kecil sudah akan mulai bisa menegakkan leher dan kepalanya pada sat Bunda menggendongnya, atau saat si Kecil duduk sambil dipegangi. Saat si Kecil tengkurap, ia bisa mengangkat kepalanya. Bunda bisa menstimulasi si Kecil untuk mengangkat kepalanya dengan duduk di depan si Kecil dan menggoyangkan mainan di depannya.

Bunda juga bisa menstimulasinya si Kecil dengan cara meletakkan pada posisi terlentang, kemudian peganglah kedua tangannya, dan tarik perlahan ke posisi duduk. Kepala dan leher si Kecil akan mengikuti pada posisi garis lurus dengan punggungnya.


Tahap Perkembangan Bayi 2 Bulan

TIPS : Pada saat si Kecil mulai mengeksplorasi tangan dan jarinya, ia akan memandangi dan merasa tertarik dengan bagian tubuh tersebut. Jika ia sering memasukkan tangannya ke dalam mulut, Bunda tidak perlu khawatir. Karena begitulah cara si Kecil untuk membuat dirinya nyaman.

Berikut ini tips stimulasi yang bisa Bunda berikan pada si Kecil untuk meningkatkan perkembangannya secara optimal:

1.  Kemampuan Gerak Halus
Si Kecil akan memerhatikan benda yang bergerak, dan juga ia akan senang memerhatikan wajah seseorang, gambar, benda, atau mainan menarik yang berwarna cerah.

TIPS : Dekatkanlah wajah Bunda pada si kecil atau gambar, benda, atau mainan menarik. Karena ia kan melihat dan memerhatikannya. Dan gerakanlah secara perlahan-lahan, wajah Bunda atau benda-benda tersebut ke sisi kanan dan kiri sehingga si Kecil akan mengikuti pergerakannya.

2. Kemampuan Gerak Kasar
Si Kecil akan belajar berguling-guling, dan coba Bunda letakkan mainan yang memiliki warna cerah dekat si Kecil agar ia dapat melihat dan tertarik pada mainan tersebut. Kemudian, pindahkan mainan tersebut ke sisi lain dengan perlahan. Pada awalnya, mungkin perlu ia  dibantu dengan menyilangkan paha agar badannya ikut bergerak miring, sehingga si Kecil bisa lebih mudah berguling. Ketika si Kecil berguling, tersenyumlah padanya dan tunjukkan rasa kasih sayang. Jaga agar si Kecil tidak jatuh dari tempat tidur atau dari ketinggian lain.

3. Kemampuan Bersosialisasi Dan Kemandirian
Mengajak si Kecil tersenyum, Sesering mungkin Bunda ajaklah si Kecil untuk tersenyum dan tatap matanya. Balas senyuman si kecil setiap kali tersenyum kepada Bunda. Dan buat suara-suara yang menyenangkan serta ajaklah berbicara kepadanya sambil tersenyum.

4. Bahasa
Meniru suara-suara, Tirukan ocehan si Kecil sesering mungkin, maka ia akan menirukan kembali suara Bunda.

Demikianlah Tahap Perkembangan Bayi 2 Bulan yang perlu Bunda ketahui.terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang Bunda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.