Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil. Kehamilan merupakan salah satu momen bahagia yang paling ditunggu untuk setiap pasangan suami istri. Ketika masa kehamilan tersebut tiba, rasa bahagia tentu tak bisa terbendung. Karena memiliki bayi lucu yang sehat dan cerdas adalah dambaan bagi semua orang, dan semua hal itu berawal dari bagaimana merawat kehamilan pada trimester pertama, dan faktor makanan sangat berperan dalam hal ini.

Makanan yang Bunda konsumsi setiap harinya saat hamil muda haruslah kaya akan berbagai nutrisi. Makanan ini tidak hanya baik untuk Bunda, tapi bermanfaat pula bagi perkembangan janin dalam kandungan.

Ada berbagai banyak jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil, ada yang sebaiknya dihindari, bahkan ada yang dilarang sama sekali.


Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Berikut beberapa jenis asupan sehat yang bisa Bunda konsumsi selagi hamil :

1. Sayuran

Asupan sayuran sangat penting untuk ibu hamil. Mengingat Bunda membutuhkan kandungan zat besi yang banyak terdapat pada sayuran. Selain itu, sayuran hijau mengandung tinggi asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin.

2. Daging Tanpa lemak, Ikan, dan Telur

Mengkonsumsi Kelompok makanan ini yang banyak mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan janin dalam kandungan, terutama pada trimester kedua dan ketiga dalam kandungan.
Serta telur juga kaya akan kolin yang mendukung perkembangan otak dan tubuh janin, dan dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan salmon sangat baik untuk menjaga mood ibu hamil sekaligus perkembangan janin dalam kandungan.
Tips : Untuk menghindari paparan merkuri, disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 340 gram salmon dalam seminggu. Selain itu, daging tanpa lemak merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Namun  perlu di hindari daging olahan seperti sosis yang mungkin mengandung bakteri atau parasit.

Baca Juga : Daftar Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

3. Produk Olahan Susu

Bunda yang sedang hamil juga disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak berbagai produk olahan yang terbuat dari susu. Seperti hal yang Bunda ketahui bahwa pertumbuhan sel pada janin dalam kandungan membutuhkan banyak asupan protein. Maka dari itu mengonsumsi berbagai jenis olahan susu adalah salah satu jalan terbaik untuk mendapatkan asupan protein yang cukup.

4. Minyak zaitun

Manfaat mengkonsumsi minyak zaitun ini sangat baik serta di anjurkan untuk menjaga kulit bunda agar tidak kusam dan tetap sehat. Selain itu juga minyak zaitun mempunyai kandungan lemak yang sangat rendah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh bunda dan kesehatan janin.

Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

5. Aneka ubi

Di dalam kandungan ubi jalar terdapat karotenoid yang mana nantinya akan diubah menjadi mineral vitamin A saat didalam tubuh. Namun bunda harus hati hati dalam menyajikan ubi ini. Sajikan ubi untuk sekali makan dan jangan sampai menghangatkan ubi kembali.
Perlu di perhatikan : Ubi ini termasuk dalam salah satu makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali ya Bun.

6. Sereal

Mengkonsumsi sereal alangkah baiknya dikonsumsi setiap hari selama masa kehamilan terutama saat ibu hamil muda. Sereal yang bagus adalah jenis whole grain, bisa juga diganti dengan roti gandum dari jenis whole grain juga. Sereal bisa dikonsumsi untuk menggantikan nasi, sehingga selama kehamilan Bunda bisa mengurangi konsumsi nasi. Perlu diperhatikan, jika Bunda alergi gluten (penyakit Celiac) maka sebaiknya hindari olahan gandum.

7. Buah

Mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan sangat cocok untuk ibu hamil. Dan selama kehamilan usahakan untuk memilih buah segar daripada buah kalengan. Di karenakan buah kalengan mengandung bahan pengawet dan juga mengandung garam berlebih. Kedua hal ini tentunya akan merugikan kesehatan terutama saat sedang hamil. Karena dapat beresiko terjadinya hipertensi yang kadang muncul selama kehamilan, dah hal tersebut dapat dikurangi dengan membatasi asupan garam.

Selain manfaat dari nutrisinya, kandungan serat dalam buah akan membantu mengatasi sembelit yang terjadi selama masa kehamilan, sedangkan bagi janin, banyaknya nutrisi dalam buah tentu akan sangat baik untuk perkembangannya. Misal seperti buah apel, jeruk, pisang, alpukat, anggur, kurma, tomat dan lain sebagainya.


Baca Juga : Daftar Lengkap Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

8. Oatmeal

Oatmeal atau bubur gandum merupakan sumber karbohidrat komplek yang membantu bunda mencukupi asupan gizi dan tetap terjaga kolesterol dalam darah.

9. Berbagai Olahan Kedelai

Kandungan protein yang tinggi di dalam olahan kedelai sangat cocok untuk bunda konsumsi.

10. Air Kelapa

Air kelapa dipercaya mengandung berbagai zat yang cukup bermanfaat bagi ibu hamil. Akan tetapi, sejauh ini memang belum ada penelitian ilmiah secara pasti yang membuktikan bahwa air kelapa sangat berkhasiat untuk ibu hamil. Mengkonsumsi air kelapa muda untuk ibu hamil sangat dipercaya bermanfaat sebagai elektrolit alami yang serta mengandung banyak mineral yang berfungsi untuk memulihkan stamina ibu hamil. Apalagi saat hamil, seorang wanita biasanya akan membutuhkan asupan air lebih banyak ketimbang wanita yang tidak sedang hamil.

11. Air

Tidak kalah penting jika Bunda minum banyak cukup air, karena dapat mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih. Selama masa kehamilan, Bunda disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 2,5 liter “setara dengan 10 gelas” air dalam sehari.

Demikianlah Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil yang harus Bunda fahami.terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang Bunda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.