Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas, Sehat, Pintar Dan Cepat Gemuk

Ibu menyusui harus lebih memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi, karena menjaga kesehatan tidak hanya berlaku bagi sang ibu namun untuk si Kecil juga. Proses menyusui merupakan kebahagiaan yang luar biasa karena bisa memberikan ASI secara ekslusif dan menjalani kodrat sebagai seorang ibu pada umumnya.

Makanan sehat yang dimakan oleh sang ibu akan bisa dimakan juga oleh si Kecil, karena setiap makanan yang dimakan oleh sang ibu akan diubah menjadi ASI. Dan sudah menjadi keharusan memberikan ASI pada bayi sampai ia umur 6 bulan, karena ASI mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatannya. Barulah setelah umur 6 bulan hingga 2 tahun bayi baru boleh diberikan MPASI.
Makanan sehat untuk ibu menyusui

Saat umur bayi mencapai usia 2 tahun, maka ia akan mengalami perkembangan otak yang luar biasa cepat apabila dibandingkan dengan perkembangan otak di periode lainnya. Serta hal ini yang sebaiknya tidak boleh diabaikan oleh para ibu terutama bagi Anda yang baru pertama kali memiliki buah hati.
Masa perkembangan otaknya yang cepat sebaiknya ditanggapi dengan perlakuan-perlakuan yang tepat pula, karena bisa mendukung tumbuh kembang bayi dan bukan hanya dari sisi perkembangan otaknya saja.
Memiliki bayi yang cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Oleh karena itu, tidak diherankan apabila banyak para ibu yang berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan sang bayi termasuk dalam mengkonsumsi makanan, yang mungkin sebelumnya bukan merupakan menu makanan favorit. Dan tentunya hal ini dilakukan agar produksi ASI memiliki kandungan kaya gizi yang dibutuhkan oleh sang bayi.

Rekomendasi makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas

Berbicara mengenai makanan ibu menyusui agar bayi cerdas, sehat, pintar dan cepat gemuk, apa saja sih makanan yang direkomendasikan agar bisa memiliki bayi yang cerdas, sehat,pintar dan cepat gemak ?
Berikut ini berbagai macam jenis makanan yang sehat untuk ibu menyusui:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau dikenal banyak mengandung berbagai nutrisi yang mampu mempengaruhi ASI sehingga terasa lebih segar dan enak bagi bayi. Dan seperti yang sudah Anda tahu bahwa sayuran seperti sayur bayam, wortel, brokoli dan yang lainnya. memiliki vitamin A, zat besi, serat dan masih banyak lagi. Selain itu, sayuran tidak hanya baik bagi ibu menyusui namun juga baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu kesehatan jantung.

2. Buah Kurma

Buah kurma memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat membanrtu meningkatkan produksi ASI. Bahkan, kandungan seratnya juga sangat baik untuk kualitas ASI. Selain itu, buah kurma juga dapat berguna saat masih hamil. Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan kacang almond. inilah makanan ibu menyusui agar bayi cerdas.

Baca Juga : Perhatikan Tips Cara Menyusi Bayi yang Benar

3. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga dapat dijadikan salah satu pilihan yang tepat untuk memenuhi nutrisi saat hamil. Bagi ibu menyusui, kandungan asam lemak esensialnya merupakan kebutuhan yang penting untuk memberikan nutrisi pada ASI, terutama kuning telurnya terdapat kandungan sekitar 200 miligram kolin sebagai nutrisi penting dalam pengembangan pusat ingatan pada bayi.
Selain itu, telur juga dikenal mengandung  gizi lain yang tak kalah penting seperti hal nya vitamin A, vitamin D, asam folat dan zat besi. Mengkonsumsi telur merupakan salah satu alternatif yang dapat membantu produksi ASI menjadi lebih berkualitas, dan konsumsilah telur yang difortirikasi DHA.

4. Olahan Susu

Makanan sehat untuk ibu menyusui agar bayi cerdas

Susu dapat di jadikan berbagai olahan seperti keju ataupun yoghurt, dan merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan karena dapat membantu bayi menjadi cerdas. Kandungan kalsium pada susu bukan hanya dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang pada bayi, namun juga dapat mendukung perkembangan otaknya.

5. Ikan Salmon

Kandungan DHA dan nutrisi dalam Ikan salon sangat membantu bagi perkembangan sistem saraf si Kecil.  Semakin tinggi DHA dalam ASI maka semakin baik pula untuk mencegah depresi setelah proses melahirkan. Namun, perlu diperhatikan jangan mengkonsumsinya secara berlebih. Maksimal mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 12 ons/minggu, karena dapat meningkatkan paparan merkuri pada si Kecil.

Baca Juga : Jenis-jenis Makanan yang Dilarang Bagi Ibu Menyusui

6. Buah Alpukat

Buah alpukat dikenal memiliki kandungan asam omega 3 yang dapat membantu dalam melancarkan aliran darah ke otak, dan merupakan cara alami untuk meningkatkan kemampuan otak bagi yang mengkonsumsinya.
Bagi ibu menyusui Anda bisa menghaluskannya dan menjadikan buah alpukat sebagai makanan pendamping ASI atau dikonsumsi sendiri dan si Kecil akan mendapatkan manfaat yang sama saat diberikan ASI.

7. Buah Blueberry

Buah buah blueberry memiliki kandungan flavonoids. Manfaat flavonoids dikenal mampu membantu seseorang dalam meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar, dan berpikir secara keseluruhan. Disisi lain, mengkonsumsi buah blueberry dapat memperlambat resiko penurunan kemampuan mental.
Anda bisa mengkonsumsinya langsung atau denagn cara dicampur sereal oats maupun yoghurt. Disarankan untuk mengkonsumsi buah ini meskipun hanya sedikit karena untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan si Kecil lewat ASI.

8. Buah Zaitun

Buah zaitun merupakan salah satu alternatif makanan yang tepat untuk membantu ibu menyusui dan untuk memiliki bayi cerdas seperti yang diharapkan.
Mengkonsumsi buah zaitun secara teratur diketahui dapat membantu mengurangi resiko kerusakan otak seiring dengan berjalannya waktu. Selain itu, terdapat kandungan lemak yang tak jenuh di dalam buah zaitu, dan sangat membantu untuk mengantarkan oksigen lebih banyak ke otak dan seluruh sel yang membutuhkannya.
Demikianlah Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas, Sehat, Pintar Dan Cepat Gemuk yang perlu Anda ketahui. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang Anda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel yang bermanfaat lainnya.