Jenis-Jenis Makanan Yang Dilarang Saat Hamil Muda

Jenis-Jenis Makanan Yang Dilarang Saat Hamil Muda. Pada saat hamil muda menjaga kesehatan kehamilan adalah hal yang sangat penting, terutama bagi Bunda yang baru pertama kali mengandung, untuk ibu yang sedang hamil muda jelas harus lebih berhati-hati dalam beraktifitas dan sebaiknya Bunda mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan segar dan sayuran hijau. Akan tetapi ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi bagi ibu yang sedang dalam kondisi hamil muda.
Jenis-Jenis Makanan Yang Dilarang Saat Hamil Muda

Berikut ini beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil muda :

1. Buah Nanas

Mengkonsumsi buah nanas pada masa hamil muda sangat berbahaya, karena terdapat kandungan bromelain yang bisa membuat leher rahim menjadi lebih lunak dan bisa memicu gangguan kehamilan layaknya keguguran hingga persalinan dini.

2. Buah Anggur

Pada saat masa dua minggu kehamilan pertama, mengkonsumsi buah anggur sangat tidak di anjurkan, karena pakar kesehatan menyebutkan mengkonsumsi buah anggur  pada dua minggu pertama kehamilan dapat membuat suhu dalam kandungan menjadi cenderung panas.
Baca Juga : Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

3. Buah Durian

Didalam buah durian terkandung zat yang dapat memberikan efek negatif bagi kehamilan. Dan zat tersebut adalah asam arachidonat dan juga terdapat alkohol yang bisa memberikan pengaruh buruk bagi janin. Karena zat arachidonat dapat mengakibatkan memicu terjadinya keguguran pada janin, dan kandungan alkohol bisa mengakibatkan berat badan bayi menjadi terlalu rendah.

4. Buah Pepaya

Memang buah pepaya termasuk dalam kategori buah-buahan yang sehat dan bergizi, akan tetapi mengkonsumsi buah pepaya yang setengah matang atau masih mentah dapat memicu terjadinya hal yang tidak baik untuk kehamilan. Karena terdapat kandungan lateks yang tinggi  sehingga bisa memicu kontraksi pada rahim dan kurang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

5. Daun Pepaya

Selain buah pepaya yang masih mentah mengkonsumsi daun pepaya juga perlu dihindari, karena daun pepaya ternyata dapat memicu ari-ari pada janin menjadi lebih rapuh. Dan sebaiknya Bunda menghindari jenis makanan ini untuk usia kehamilan dua minggu karena dapat membahayakan bagi si calon bayi nantinya.

6. Air Kelapa

Pada saat trimester pertama kehamilan ada baiknya Bunda menghindari mengkonsumsi air kelapa segar karena akan melemahkan kandungan. Namun air kelapa segar sangat baik untuk dikonsumsi saat usia kehamilan mencapai 8 bulan atau lebih.

7. Berbagai Produk Keju

Perlu Bunda ketahui mengkonsumsi jenis keju yang memiliki warna soft dan cenderung kebiruan layaknya Brie, Riquefort, Camembert, dan Danish Blue ternyata bisa saja memiliki kandungan bakteri listeria yang berbahaya bagi ibu hamil muda.
Baca Juga : Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan

8. Olahan Makanan Mentah

Pada umumnya setiap olahan makanan mentah dikhawatirkan memiliki berbagai macam bakteri, virus dan kuman yang tentu dapat memicu terjadinya gangguan kehamilan. Misalkan saja seperti : telur setengah matang hingga steak.

9. Olahan Sushi

Sushi memang salah satu makanan yang nikmat untuk dikonsumsi. Namun mengkonsumsi sushi yang tidak di masak harus dihindari bagi ibu hamil, karena dikhawatirkan masih terdapat berbagai macam bakteri seperti layaknya : salmonella, e. Coli, dan toxoplasma yang tentunya bisa berbahaya bagi ibu hamil.

10. Ikan laut yang Mengadung Merkuri

Harus dipastikan ibu hamil tidak diperbolehkan mengkonsumsi ikan laut yang mengandung merkuri karena dapat memicu gangguan pertumbuhan otak dan motorik pada janin. Memang pada dasarnya ikan laut memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan 6 yang sangat baik bagi kehamilan. Akan tetapi beberapa jenis ikan laut yang mengandung merkuri layaknya ikan hiu, ikan marlin, ikan tengiri, dan ikan pari sebaiknya dihindari terlebih dahulu oleh ibu hamil muda.
Demikianlah Jenis-Jenis Makanan Yang Dilarang Saat Hamil Muda yang perlu Bunda ketahui. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang Bunda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.