Gerakan Senam Hamil Yang Mudah & Dapat Dilalukan Di Rumah

Gerakan Senam Hamil Yang Mudah Dilalukan Di Rumah. Memang apabila Bunda melakukan senam hamil di rumah perasaan akan lebih nyaman dan aman, apabila dibandingkan dengan tempat senam atau tempat kebugaran yang lain. Dan melakukannya bisa kapan saja serta dapat menghemat waktu.
Meski demikian, sebelum Bunda melakukan senam hamil di rumah, harus dipastikan bahwa Bunda sudah berkonsultasi dan mendapatkan ijin dari dokter terlebih dahulu, mengenai gerakan-gerakan senam yang boleh dilakukan atau tidak.
Gerakan Senam Hamil Yang Mudah & Dapat Dilalukan Di Rumah

Metode Gerakan Senam Hamil di Rumah

Perlu Bunda ketahui beberapa gerakan senam berikut ini terhitung ringan sekali, namun banyak manfaatnya bagi ibu hamil serta mudah untuk dilakukan di rumah.

1. Latihan pernafasan ringan

berdiri dan sandarkan badan ke tembok. kemudian letakan lengan di samping tubuh, dengan posisi menempel pada tembok. Lalu angkatlah kedua lengan, tapi masih dalam posisi menempel pada tembok, dan tarik nafas dalam-dalam. Dan hentikan gerakan tangan ketika mulai terasa ada tahanan, tahan hingga beberapa detik. lalu hembuskan nafas perlahan-lahan.


Baca Juga : Panduan Gerakan Senam Hamil 7 Bulan

2. Senam dengan duduk di kursi

Ambilah handuk atau resistance band yang sedikit agak panjang. Kemudian sangkutkanlah handuk atau alat tersebut pada kaki, dan tariklah kedua ujung handuk/alat tersebut menggunkan tangan. Kemudian condongkan tubuh Bunda ke belakang hingga perut tersa cukup kencang. hitung kira-kira selama 5 detik. lalu kembali ke posisi semula. Cukup mengulangi gerakan ini hanya sampai sepuluh kali saja, kemudian lakukan juga pada kaki yang berbeda. Jangan lupa, untuk menarik nafas dan hembusakan ketika melakukan gerakan senam tersebut.

3. Peregangan

Olahraga senam ini terdiri dari dua gerakan : 
  • duduklah bersila dengan cara kedua telapak kaki bersilangan. dan mulailah membungkukan badan semampunya, tetap tahan posisi tersebut hingga beberapa saat. Kemudian kembali tegakkan punggung seperti semula. Dan Jaga punggung agar tetap lurus saat membungkukan badan ke depan.
  • duduklah dengan cara lutut ditekuk dan kedua telapak kaki saling bertemu. Dan tangan di letakan di atas kedua lutut. Kemudian tekanlah lutut ke bawah, lalu sebaliknya gerakkan lutut untuk menahan tekanan dari tangan. Cukup tahan beberapa lama dan lepaskan. Sebaiknya ulangi gerakan ini beberapa kali. Karena sangat bermanfaat untuk melatih otot pinggul dan paha. Apabila dilakukan dengan benar dan teratur, maka bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang bagian bawah.

4. Posisi merangkak

Letakkan kedua telapak tangan di lantai, selebar bahu. Juga letakan lutut di lantai, selebar pangkal paha. kemudian angkatlah tangan kanan ke depan berbarengan dengan mengangkat kaki kiri ke belakang. Cukup tahan selama lima detik.  Lalu lakukanlah secara bergantian dengan tangan dan kaki lainnya. Ulangilah gerakan ini beberapa kali dan ketika melakukannya tarik nafas dan hembusakna secara pelan-pelan.

5. Melatih otot lengan

Latihan yang satu ini dapat memperkuat otot tubuh, dan pada saat setelah melahirkan nanti tubuh akan terasa tetap kencang. Juga yang tak kalah penting pilihlah beban yang sesuai dengan kemampuan dan jangan menggunakan beban yang berlebihan. Dan latihan ini disarankan bagi Bunda yang sudah terbiasa melakukannya sebelum hamil. Apabila sebelumnya tidak pernah latihan beban, maka dianjurkan untuk dapat mencari latihan yang lain saat hamil.

6. Gerakan yoga

Sebaiknya Bunda pelajari gerakan ini di kelas senam khusus untuk ibu hamil, dan seterusnya Bunda dapat berlatih sendiri di rumah. Serta coba pilihlah gerakan yoga untuk ibu hamil yang fokus pada latihan untuk relaksasi. Sehingga nantinya bisa membuat Bunda lebih tenang dan mengurangi keluhan-keluhan nyeri pada punggung. Karena sebuah penelitian mengatakan jika Bunda bisa rutin melakukan olahraga senam ini, manfaatnya bisa membantu untuk mempercepat persalinan.


Baca Juga : Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

Perlu Bunda ketahui, bahwasannya tidak ada bukti penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga dapat menyebabkan keguguran atau gangguan pada janin dalam kandungan, selama janin dalam kandungan dalam keadaan sehat. Namun, olahraga juga dapat membuat ibu hamil menjadi lebih cepat lelah.
Dan yang tak kalah penting pada saat melakukan senam hamil di rumah, selalu perhatikan kondisi dan apa yang dirasakan oleh tubuh Bunda. Apabila terasa sakit atau tidak nyaman, segera hentikan gerakan senam yang Bunda lakukan. karena rasa sakit tersebut merupakan sinyal peringatan dari tubuh jika ada gerakan yang tidak sesuai bagi kondisi kehamilan.
Demikianlah Gerakan Senam Hamil Yang Mudah & Dapat Dilalukan Di Rumah yang perlu Bunda ketahui. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang Bunda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.