Daftar Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Daftar Makanan Yang BaikUntuk Ibu Menyusui. Menyusui merupakan cara terbaik bagi Bunda untuk menjalin ikatan kepada si Kecil secara Bhatin, dan juga dengan memberikan ASI ekslusif merupakan awal untuk memberikan nutrisi yang baik bagi si Kecil. Dan dengan cara mengetahui makanan yang baik untuk Bunda yang sedang menyusui merupakan hal wajib bagi para ibu. Oleh karena itu sebuah gaya hidup sehat dan makanan yang mempunyai gizi seimbang sangat penting bagi Bunda.

Berikut adalah makanan yang baik untuk ibu yang menyusui:

#Mengkonsumsi Sayur-sayuran

Sayuran merupakan sumber utama zat besi, serat, folat, beta-karoten, vitamin C, lycopene, flavonoids dan beta glukan. Dengan mengkonsumsi makanan kaya zat besi membantu dapat meningkatkan energi Bunda dan mencegah anemia. Kandungan asam Folatnya sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Dan berikut Inilah sayuran yang memiliki manfaat ekstra ketika Bunda sedang menyusui seperti  bayam, tomat, ketimun, jamur,  jagung, kentang, labu. Ada baiknya ntuk Bunda mengkonsumsi sayuran 3-5 porsi pada setiap hari.


Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui


#Banyak Minum Air

Air merupakan salah satu aspek yang pentin karena mengkonsumsinya tidak boleh kurang ketika sedang menyusui. Dan juga ketika Bunda menyusui akan membuat kehilangan banyak cairan. Sedangkan keadaan dehidrasi akan menurunkan energi. Harus di pastikan Bunda bisa minum minimal 8 gelas air setiap harinya. Air dapat diminum dalam bentuk yang variatif misalnya air susu, jus bahkan dalam bentuk kuah sop.

#Mengkonsumsi Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan dapat meningkatkan antioksida juga di dalam buah terdapat sumber antioksidan, vitamin dan mineral. Vitamin C dapat membantu dalam penyembuhan luka. Oleh karena itu disarankan untuk meningkatkan asupan buah misalkan seperti : jeruk, tomat dan juga buah-buahan seperti apel dan pisang membantu meningkatkan tingkat energi dalam tubuh dan membantu agar Bunda tetap sehat.

#Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya protein dan kadar besi contoh kacang-kacangan yang baik seperti : buncis, kacang polong, kacang tanah, kacang merah, dan kacang hitam.

#Mengkonsumsi Ikan

Ada baiknya Bunda yang sedang menyusui biasakan untuk menambahkan ikan pada menu makan ya Bun. Karena Ikan tinggi akan Omega 3 yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bagi si Kecil. Meskipun menurut penelitain mengatakan tidak semua jenis ikan aman untuk Bunda yang sedang menyusui karena dikhawatirkan mengandung merkuri yang tinggi sehingga kesehatan si Kecil terganggu. Berikut jenis ikan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika Bunda sedang menyusui adalah : ikan todak, ikan ubin, ikan hiu dan ikan makarel. Untuk Bunda yang sedang menyusui disarakan untuk mengkonsumsi 12 ons seminggu dan ikan yang di sarankan untuk Bunda adalah : ikan tuna, ikan salmon.
Baca Juga : Daftar Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

#Mengkonsumsi Susu Rendah Lemak

Apapun bentuk produk susu yang Bunda sukai, misalkan saja yogurt, susu atau keju, merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu menyusui. Dan produk susu akan memberikan tambahan Vitamin B, Vitamin D dan kalsium. Susu juga mengandung banyak protein. Vitamin D dan kalsium sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang si Kecil. Dan di anjurkan untuk Bunda dapat mengkonsumsi produk susu minimal 3 gelas per hari.
Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

#Mengkonsumsi Biji-bijian

Pada setiap biji-bijian terdapat sumber vitamin B dan vitamin E, selenium, kalium, folat, protein dan zat besi. Perlu Bunda ketahui biji-bijian yang baik untuk ibu menyusui adalah biji-bijian yang mengandung nutrisi dan serat alami yang tidak rusak ketika proses pengolahan. Bunda dapat meningkatkan konsumsi  oatmeal. Disarankan bagi Bunda bisa mengkonsumsi biji-bijian 6-11 porsi perhari, karena hal ini dapat menjadikan kehidupan yang sehat dan memberikan manfaat.

#Roti Gandum

Ketika Bunda sedang hamil, asam folat menjadi salah nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan saraf pada bayi. Dan setelah Bunda melahirkan, asam folat pun tetap dibutuhkan untuk si Kecil dan tubuh Bunda sendiri. Dengan cara mengkonsumsi gandum/roti olahan gandum, dapat memberikan asupan karbohidrat kompleks juga asam folat yang Bunda butuhkan.
Baca Juga : Pertumbuhan Dan Tahap Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

#Wortel

Wortel yang diperkaya dengan karbohidrat dan kalium, yang keduanya membantu meningkatkan energi dan stamina pada ibu yang sedang menyusui. Dan juga wortel juga memiliki sifat antioksidan.

#Beras Merah

Pada saat Bunda sedang hamil berat badan menjadi naik. Dan pada setelah melahirkan tentu Bunda ingin mendapatkan kembali berat badan yang ideal. Dengan mengkonsumsi beras merah merupakan pilihan yang tepat. Karena, ketika menyusui Bunda tidak boleh mengurangi berat badan terlalu cepat karena akan berakibat tubuh menjadi lebih lemas. Mengkonsumsi beras merah dapat membantu Bunda mendapatkan kalorinya yang lebih rendah, dan juga tidak akan membuat berat badan cepat bertambah.

#Telur

Makanan yang dapat diolah menjadi bentuk apapun ini menjadi makanan yang baik untuk Bunda yang sedang menyusui karena terdapat kandungan protein yang sangat bagus. Dan perlu di ketahui satu butir telur sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan protein dan kolesterol. Bunda juga dapat memilih telur yang telah diberikan DHA untuk hasil yang lebih optimal.

#Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak dari ikan dan ayam kaya yang akan nutrisi. Mengandung DHA dan asam lemak esensial untuk Bunda dan membantu dalam mengembangkan sistem saraf bayi, serta daat meningkatkan pertumbuhan secara keseluruhan. Nutrisi yang terdapat dalam daging tanpa lemak mendorong pemulihan dan memberi manfaat bagi Bunda yang baru melahirkan.

Demikianlah Daftar Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui yang harus Bunda persiapkan agar si kecil mendapat asupan nutrisi yang baik. terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang Bunda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.