Langkah - langkah Cara Menyusui Yang Benar

Menyusui si kecil merupakan ke harusan yang di lakukan oleh setiap ibu, akan tetapi tidak jarang bagi sebagian para ibu yang mengalami kesulitan menjalankan proses tersebut. tapi Bunda tidak perlu berkecil hati karena dengan mempraktikkan beberapa langkah caramenyusui yang benar berikut, proses menyusui akan lebih mudah bagi ibu dan bayi.
Cara Menyusui Yang Benar

Perlu Bunda ketahui di dalam kandungan ASI terdapat 400 nutrisi yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Serta dengan seiring berjalannya waktu kandungan nutrisi tersebut akan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Manfaat yang luar biasa jika Bunda memberikan ASI eksklusif hingga kurun waktu 6 bulan dapat menghilangkan resiko terjadinya infeksi telinga, radang paru-paru (pneumonia), radang pencernaan (gastroenteritis), sekaligus dapat meningkatkan kecerdasan.

Dan berikut ini proses Cara Menyusui Yang Benar mudah dan menyenangkan bagi ibu dan bayi, yaitu :

Hal yang paling pertama dan terpenting , pastikan Bunda merasa nyaman saat akan menyusui bisa dengan mencari kursi atau tempat duduk paling nyaman, serta temukan posisi yang paling pas bagi ibu dan bayi ketika akan menyusui.


Posisi Menyusi:

#1. Posisi Cross-Cradle

Cara Menyusui Yang Benar, Posisi Cross Cradle

Menggunakan telapak tangan untuk menopang bahu dan kepala bayi. Kemudian gunakan tangan pada sisi yang sama dengan kepala bayi untuk mengangkat payudara Ibu. Perlu Bunda ketahui posisi ini sangat tepat bagi Ibu yang baru belajar menyusui.

#2. Posisi Bawah Lengan

Cara Menyusui Yang Benar, Posisi Football Hold

Bersandarlah di kursi atau tempat tidur, kemudian letakkan bantal pada sisi tubuh untuk menopang siku Ibu dan bokong bayi. Lalu sandarkan bayi pada bantal dan hadapkan pada kepada Ibu. Topanglah leher dan punggung bayi bagian atas dengan satu tangan, gunakan tangan lainnya untuk mengangkat payudara. Posisi ini sangat tepat di praktikan bagi Ibu yang baru belajar menyusui, dan juga bagi bayi yang berukuran kecil, atau Ibu berpayudara besar, Ibu yang melahirkan dengan operasi sesar, atau untuk menyusui bayi yang kembar secara bersamaan.

#3. Posisi Tidur Menyamping

Cara Menyusui Yang Benar, Posisi Tidur Menyamping

Pada posisi ini, Ibu dan bayi berada dalam posisi tidur menyamping, dengan meletakan kedua perut yang saling bertemu. Serta  juga meletakkan handuk yang digulung di belakang badan bayi, juga letakkan bantal di belakang badan Ibu untuk menopang posisi badan. Posisi ini bisa Bunda praktikan jika terasa sakit saat duduk, jika Bunda ingin menyusui sambil beristirahat, ataupun jika Bunda melahirkan secara sesar.

#4. Posisi Menimang

Cara Menyusui Yang Benar, Posisi Timang Atau Menimang

Dengan cara Bunda menimang bayi menggunakan satu tangan, dan menyandarkan kepala bayi pada lekukan lengan Bunda. Kemudian posisikan mulut sikecil di payudara, dengan kedua perut bayi dan ibu yang saling bertemu. Posisi ini bisa lakukan dengan cara duduk tegak di kursi atau kasur, serta gunakan bantal untuk membantu menopang. Bunda bisa praktikan posisi ini jika sudah merasa nyaman menyusui.
Baca Juga : Daftar Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

Perlengkapan Menyusui yang Diperlukan

Agar bayi Bunda nyaman ketika menyusui, sebaiknya Bunda menggunakan bra khusus menyusui yang terdapat kait atau kancing di bagian depan yang mudah dibuka. Karena manfaat baiknya bagi ibu menyusui hal ini akan menghindari tersumbatnya saluran ASI atau memicu terjadinya peradangan jaringan payudara.

Kemudian untuk mencegah kebocoran ASI pada bra, Bunda dapat menggunakan bantalan payudara yang diselipkan pada bagian depan bra. Dan untuk Bunda yang berencana memerah ASI, Bunda dapat membeli pompa ASI yang nyaman untuk digunakan.

Dan perlu Bunda ketahui untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika menysui di perlukannya praktik selama beberapa waktu, hingga ibu dan bayi dapat bekerjasama dengan baik selama proses menyusui. Dan jika dirasa diperlukan, Bunda dapat meminta saran dan bantuan dari bidan atau konsultan laktasi untuk mengetahui cara menyusui dengan benar.

Demikianlah Cara Menyusui Yang Benar yang harus Bunda ketahui. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang Bunda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.