10 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

10 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu HamilSecara umum, buah-buahan memang memiliki manfaat bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Begitu pula bagi Ibu yang sedang hamil, banyak berbagai jenis buah justru disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Karena hal ini tidak terlepas dari manfaat buah yang secara umum memang sangat baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil di usia kandungan berapa saja.

Dan juga buah-buahan banyak mengandungan vitamin dan mineral, dan juga mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi konstipasi atau sembelit pada ibu hamil.

Perlu Bunda ketahui buah-buahan memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Serta mengkonsumsinya setiap hari memang sangat dianjurkan sebagai penambahan nutrisi tubuh yang juga bisa didapat dari buah-buah itu sendiri. Dan karena itu, janganlah pernah ragu untuk mengkonsumsi buah-buah secara rutin dan teratur setiap harinya.


Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Pentingnya Mengkonsumsi Buah Untuk Ibu Hamil

kandungan vitamin A yang bisa Bunda peroleh dalam buah-buahan sangat berfungsi untuk membantu perkembangan sel dan jaringan bayi, penglihatan, dan kekebalan tubuh. Serta vitamin C dalam buah berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta kolagen dalam jaringan ikat bayi. Dan juga asam folat dalam buah sangat membantu untuk mencegah cacat pada bayi dan anemia. Kadungan kalium dalam buah dapat membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh ibu hamil.

Dan berikut 10 jenis buah yang baik dan bermanfaat untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil, antara lain:

#1. Buah Kurma

Buah asal Timur Tengah ini sangat terkenal dengan khasiatnya yang mampu menambah energi bagi tubuh karena kandungan glukosa yang dimilikinya mencapai 60-70%. Sehingga memang cocok bagi Ibu hamil yang membutuhkan asupan energi ekstra dalam menjalan aktivitas sehari-hari selama masa kehamilannya.

Dan juga buah kurma memiliki manfaat dalam meningkatkan rangsangan saraf sehingga turut membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi dan mempertajam daya ingatnya karena terdapat kandungan vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi yang terkandung di dalamnya.

#2. Buah Pisang

Buah pisang sangat kaya akan kalium dan juga kalori yang mudah diubah menjadi energi untuk mencegah kelelahan. Kandungan kalium dalah pisang bisa membantu menjaga tekanan darah saat hamil. Dan juga buah pisang terdapat kandungan zat besi yang dapat membantu untuk mencegah anemia pada Bunda yang sedang hamil. Disis lain buah pisang mudah untuk dicerna, sehingga bisa menjadi makanan alternatif jika ibu hamil mengalami mual dan muntah.

#3. Buah Naga

Perlu Bunda ketahui buah naga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah khasiat untuk ibu hamil. Dan juga buah naga yang sudah matang bisa membantu mengeluarkan dahak yang biasanya sering dialami Bunda ketika hamil. Serta disisi lain jenis buah naga ini juga merupakan buah yang sangat jarang menggunakan pestisida sehingga lebih aman dikonsumsi bagi ibu hamil.
Baca Juga : Jenis- jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

#4. Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C, folat, dan serat. Serta hampir 90% mengandung air sehingga dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Karena jika kekurangan cairan pada tubuh akan menyebabkan mudah kelelahan. Manffat kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi serta bisa mencegah bayi terlahir dalam keadaan cacat.

#5. Buah Alpukat

Terdapat macam kandungan dalam buah alpukat, misalkan saja asam folat, vitamin B kompleks, dan K, kandungan tersebut sangat membantu untuk menjaga kesehatan Ibu dan bayi dalam kandungan. Dan ketahuilah Bunda ketiga kandungan tersebut baik membantu perkembangan otak pada bayi dan tulang belakang. Disisilain alpukat juga dapat mengurangi gejala mual pada ibu hamil.

Dan juga buah alpukat memiliki kandungan yang lainnya, seperti kalsium, vitamin C,  dan E, yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Kandungan kalsium pada buah alpukat dapat membantu proses pembentukan tulang bayi, dan memperkuat tulang ibu hamil.

#6. Buah Mangga

Buah mangga terdapat kandungan seperti, kalium, vitamin C, dan A yang sangat tinggi. Manfaat kalium bagi Bunda yang sedang hamil membantu menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh, Serta vitamin C sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, sedangkan manfaat vitamin A berfungsi sebagai antioksidan serta membantu sitem penglihatan, sistem saraf sistem kekebalan tubuh pada bayi. Dan yang tak kalah pentingnya buah mangga mengandung banyak serat sehingga dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.
Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

#7. Buah Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang populer di kalangan masyarakat indonesia. Bukan hanya rasanya yang lezat, akan tetapi buah apel juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan bagi tubuh. Karena terdapat kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan vitamin C yang dinilai sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil.

#8. Buah Anggur

Buah anggur sangat penting untuk dikonsumsi, karena dapat membantu kesehatan ibu hamil dan kesehatan pada bayi. Buah anggur memiliki kandungan, diantaranya adalah :kalsium , vitamin A, C, B1, zat besi, DHA, asam folat, omega 3, fosfor, beta-karoten, magnesium dan serat.

Asam folat sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan saraf  dan otak janin. Mengkonsumsi anggur dapat membantu pembentukan tabung otak bagi janin, dan mengurangi resiko cacat otak saat bayi lahir. Juga kandungan folat dan kalsium akan membantu dalam pembentukan tulang dan gigi janin, serta dapat membantu memperkuat tulang ibu hamil.

Perlu Bunda perhatikan : mengkonsumsi anggur bagi Ibu hamil tidak boleh lebih dari 50 gram setiap harinya. Dikarenakan anggur memiliki kandungan alkohol sehingga akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan dan sembarangan.
Baca Juga : Daftar Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

#9. Buah Stroberi

Buah stroberi memiliki berbagai macam vitamin seperti vitamin C, B5, B6 dan K yang sangat baik jika di konsumsi bagi ibu hamil. Untuk Bunda yang menginginkan kulitnya selalu tampak segar, ada baiknya mengkonsumis  buah stroberi karena kandungan vitamin C nya mampu menyegarkan kulit. Dan juga bagi ibu hamil sangat bermanfaat untuk merangsang napsu makan dan dapat mencegah bayi lahir cacat.

#10. Buah Cherry

Buah cherry mengandung nutrisi 20x lipat lebih banyak dibandingkan dengan buah apel atau jeruk. Tidak heran jika jenis buah untuk ibu hamil ini cukup direkomendasikan. Karena terdapat kandungan zat besi, mangan, tembaga dan kalium. Serta terdapat beberapa kandungan lainnya yang mampu melancarkan pencernaan bagi ibu hamil dan dapat membuat kulit bayi menjadi lebih sehat dan putih.

Demikianlah 10 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil yang harus Bunda ketahui. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang Bunda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.